
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) adalah perusahaan pelayaran nasional yang menyediakan jasa angkutan transportasi laut, meliputi jasa angkutan penumpang dan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan mengoperasikan 25 unit kapal penumpang dan tiga unit kapal barang. PT PELNI (PERSERO) dalam melaksanakan tanggung jawabnya tidak hanya terbatas melayari rute komersial, tetapi juga melayani pelayaran dengan rute pulau-pulau kecil terluar. Saat ini, ada 92 pelabuhan yang disinggahi kapal PELNI dengan 46 kantor cabang dan dilayani di 400 travel agen yang tersebar di seluruh Indonesia.
Sejarah berdirinya PT PELNI bermula dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum tanggal 5 September 1950 yang isinya mendirikan Yayasan Penguasaan Pusat Kapal-kapal (PEPUSKA).
Latar belakang pendirian Yayasan PEPUSKA diawali dari penolakan pemerintah Belanda atas permintaan Indonesia untuk mengubah status maskapai pelayaran Belanda yang beroperasi di Indonesia, N.V. K.P.M (Koninklijke Paketvaart Matschappij) menjadi Perseroan Terbatas (PT). Pemerintah Indonesia juga menginginkan agar kapal-kapal KPM dalam menjalankan operasi pelayarannya di perairan Indonesia menggunakan bendera Merah Putih. Pemerintah Belanda dengan tegas menolak semua permintaan yang diajukan oleh pemerintah Indonesia.
Dengan modal awal 8 (delapan) unit kapal dengan total tonage 4.800 DWT (death weight ton), PEPUSKA berlayar berdampingan dengan armada KPM yang telah berpengalaman lebih dari setengah abad. Persaingan benar-benar tidak seimbang ketika itu, karena armada KPM selain telah berpengalaman, jumlah armadanya juga lebih banyak serta memiliki kontrak-kontrak monopoli.
Akhirnya pada 28 April 1952 Yayasan Pepuska resmi dibubarkan. Pada saat yang sama didirikanlah PT PELNI dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor M.2/1/2 tanggal 28 Februari 1952 dan No. A.2/1/2 tanggal 19 April 1952, serta Berita Negara Republik Indonesia No. 50 tanggal 20 Juni 1952. Sebagai Presiden Direktur Pertamanya diangkatlah R. Ma'moen Soemadipraja (1952-1955).
Delapan unit kapal milik Yayasan Pepuska diserahkan kepada PT PELNI sebagai modal awal. Karena dianggap tidak mencukupi maka Bank Ekspor Impor menyediakan dana untuk pembelian kapal sebagai tambahan dan memesan 45 "coaster" dari Eropa Barat. Sambil menunggu datangnya "coaster" yang dipesan dari Eropa, PELNI mencarter kapal-kapal asing yang terdiri dari berbagai bendera. Langkah ini diambil untuk mengisi trayek-trayek yang ditinggalkan KPM. Setelah itu satu persatu kapal-kapal yang dicarter itu diganti dengan "coaster" yang datang dari Eropa. Kemudian ditambah lagi dengan kapal-kapal hasil pampasan perang dari Jepang.
Status PT PELNI mengalami dua kali perubahan. Pada tahun 1961 pemerintah menetapkan perubahan status dari Perusahaan Perseroan menjadi Perusahaan Negara (PN) dan dicantumkan dalam Lembaran Negara RI No. LN 1961. Kemudian pada tahun 1975 status perusahaan diubah dari Perusahaan Negara (PN) menjadi Perseroan terbatas (PT) PELNI sesuai dengan Akte Pendirian No. 31 tanggal 30 Oktober 1975. Perubahan tersebut dicantumkan dalam Berita Negara RI No. 562-1976 dan Tambahan Berita Negara RI No. 60 tanggal 27 Juni 1976.
Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan usaha, perusahaan mengalami beberapa kali perubahan bentuk Badan Usaha. Pada tahun 1975 berbentuk Perseroan sesuai Akta Pendirian Nomor 31 tanggal 30 Oktober 1975 dan Akte Perubahan Nomor 22 tanggal 4 Maret 1998 tentang Anggaran Dasar PT. Pelni yang diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 16 April 1999 Nomor 31 tambahan Berita Negara Nomor 2203.
Visi :
"Menjadi Perusahaan Pelayaran yang Tangguh dan Pilihan Utama Pelanggan"
Misi :
- Mengelola dan mengembangkan angkutan laut guna menjamin aksesibilitas masyarakat untuk menunjang terwujudnya wawasan nusantara
- Meningkatkan kontribusi pendapatan bagi negara, karyawan serta berperan di dalam pembangunan lingkungan dan pelayanan kepada masyarakat
- Meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi, dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia
- Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan azas manfaat bagi semua pihak yang terlibat (Stakeholders), dan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG)
PT. PELNI (Persero) mencari putra putri terbaik bangsa dengan kemampuan yang handal, dapat dipercaya dan tangguh untuk bergabung bersama Tim kami dalam menjalankan misi dan visi Pelayaran Nasional Indonesia.
PT. PELNI (Persero) selalu memberikan kesempatan bagi pegawai untuk mengembangkan kompetensi diri dengan menyediakan program pelatihan dan pembelajaran.
IT Programmer 2015 Batch II
|
- Pria/wanita
- Pendidikan S1 (Teknik informatika / teknik komputer / teknik elektro /
teknik telekomunikasi)
- Usia maksimal 28 tahun pada tanggal 31 Desember 2015
- IPK minimal 2,75 (dari universitas negeri)/ 3,00 (dari universitas
swasta)
- Pengalaman minimal 1 tahun
- Belum Menikah
- Memiliki keahlian: Memahami RDBMS, Memahami konsep Object Oriented
Programming (OOP), Memahami Java & PHP lebih diutamakan, Memahami Linux
menjadi nilai tambah, Memahami konsep UML
- Dapat berkomunikasi dengan baik
- Disiplin, jujur, siap bekerja keras dan bertanggung jawab
- Mampu bekerja secara individu dan tim
- Sehat dan tidak buta warna
|
IT Engineer Kapal 2015 Batch II
|
- Pria/wanita
(diutamakan pria)
- Pendidikan
Pendidikan D3 (Teknik informatika / Teknik Komputer / Teknik Elektro / Teknik
Telekomunikasi)
- Usia maksimal 30
tahun pada tanggal 31 Desember 2015
- IPK minimal 2,75
(dari universitas negeri)/ 3,00 (dari universitas swasta)
- Pengalaman minimal 1
tahun
- Memiliki keahlian: Networking (routing, firewall),
Troubleshooting, Windows Operation, Basic Linux
- Dapat berkomunikasi
dengan baik
- Disiplin, jujur,
siap bekerja keras dan bertanggung jawab
- Mampu bekerja secara
individu dan tim
- Bersedia di
tempatkan di seluruh unit Kapal PT PELNI (Persero)
- Sehat dan tidak buta
warna
|
IT Help Desk 2015 Batch II
|
- Pria/wanita
- Pendidikan D3
(Teknik informatika / teknik komputer / teknik elektro / teknik
telekomunikasi)
- Usia maksimal 30
tahun pada tanggal 31 Desember 2015
- IPK minimal 2,75
(dari universitas negeri)/ 3,00 (dari universitas swasta)
- Pengalaman minimal 1
tahun
- Memiliki keahlian: Networking (routing, firewall),
Troubleshooting, Windows Operation, Basic Linux
- Dapat berkomunikasi
dengan baik
- Disiplin, jujur,
siap bekerja keras dan bertanggung jawab
- Mampu bekerja secara
individu dan tim
- Sehat dan tidak buta
warna
|
Junior Staff Akuntansi/Keuangan
|
- Pria/wanita
(diutamakan pria)
- Pendidikan S1
Akuntansi/ S1 Manajemen Keuangan/ DIV Komputer Akuntansi
- IPK minimal 2,75
(dari universitas negeri)/ 3,00 (dari universitas swasta)
- Usia maksimal 28
tahun pada tanggal 31 Desember 2015
- Akreditasi A/B
- Belum Menikah
- Memiliki ketelitian
dan kecermatan dalam bekerja
- Memiliki kemampuan
analisa yang baik
- Memiliki ketelitian
dan kecermatan
- Disiplin, jujur,
siap bekerja keras dan bertanggung jawab
- Customer Service Orientation
|
Junior Officer Akuntansi
|
- Pendidikan DIII
Komputer Akuntansi
- IPK minimal 2,75
(dari universitas negeri)/ 3,00 (dari universitas swasta)
- Usia maksimal 28
tahun pada tanggal 31 Desember 2015
- Pria/wanita (pria
lebih disukai)
- Akreditasi A/B
- Belum menikah
- Memiliki ketelitian
dan kecermatan dalam bekerja
- Mampu bekerja
dibawah tekanan
- Disiplin, jujur,
siap bekerja keras dan bertanggung jawab
|
Junior Staff Hukum
|
- Pria/wanita
- Pendidikan S1 Hukum
- IPK minimal 2,75
(dari universitas negeri)/ 3,00 (dari universitas swasta)
- Usia maksimal 28
tahun pada tanggal 31 Desember 2015
- Pria/wanita (pria
lebih disukai)
- Akreditasi A/B
- Belum menikah
- Memiliki kemampuan
legal drafting, mengetahui hukum dan perundang-undangan, litigasi, dan
alternatif penyelesaian sengketa
- Memiliki kemampuan
analisa yang baik
- Dapat berkomunikasi
dengan baik
- Disiplin, jujur,
siap bekerja keras dan bertanggung jawab
- Mampu bekerja secara
individu dan tim
- Customer Service Orientation
|
Junior Staff SDM & Diklat
|
- Pria/wanita
- Pendidikan S1
Psikologi (diutamakan Psikologi Industri & Organisasi)
- IPK minimal 2,75
(dari universitas negeri)/ 3,00 (dari universitas swasta)
- Usia maksimal 28
tahun pada tanggal 31 Desember 2015
- Akreditasi A/B
- Belum menikah
- Memiliki kemampuan
membuat kuesioner/alat ukur, mampu menganalisa sistem SDM & organisasi,
menguasai alat-alat tes, rekrutmen pegawai, perancang diklat pegawai,
dasar-dasar konseling pegawai.
- Memiliki kemampuan
analisa yang baik
- Dapat berkomunikasi
dengan baik
- Mampu bekerja secara
individu dan tim
- Customer Service Orientation
|
Perwira Dek (ANT II) dan Mesin (ATT II & ATT
III)
|
Persyaratan Umum :
- Pria/wanita
(diutamakan pria)
- Pendidikan ANT
II/ATT II/ ATT III
- Usia maksimal 35
tahun pada tanggal 31 Desember 2015
- Tinggi badan minimal
160 cm (wanita) dan 165 cm (pria)
- Dapat berkomunikasi
dengan baik
- Disiplin, jujur,
siap bekerja keras dan bertanggung jawab
- Mampu bekerja secara
individu dan tim
- Bersedia ditempatkan
di seluruh kapal-kapal PT PELNI (Persero)
- Sehat dan tidak nuta
warna
Persyaratan Khusus*
- Certificate of
Competency ANTII/ ATTII/ ATTIII
- Endorsement CoC
- Certificate of
Proficiency yang sudah direvalidasi berdasarkan SCTW Amandemen Manila 2010
- Sertifikat Medical
Check Up
|
Tata Cara Pendaftaran :
- Pilih Menu Registrasi untuk membuat akun baru pada laman http://rekrutmen.pelni.co.id/
- Aktivasi akun Anda. Kode aktivasi akan dikirim ke email Anda untuk aktivasi akun.
- Silahkan login pada http://rekrutmen.pelni.co.id/
- Isi seluruh informasi data yang diperlukan dan mohon periksa kembali.
- Upload file yang dibutuhkan.
- Silahkan pilih menu "lowongan" untuk melihat lowongan yang tersedia.
- Pilih posisi sesuai dengan pendidikan terakhir.
- Klik "Apply".
Catatan :
PT. PELNI (Persero) tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen. Untuk itu peserta dihimbau tidak mudah tertipu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memberi janji terkait proses rekrutmen ini dengan meminta imbalan tertentu.
Sumber :
PT. PELNI
0 Response to "Lowongan Kerja PT. PELNI (Persero) 8 Posisi Deadline 09 Oktober 2015"
Post a Comment